PT KAI Tanjungkarang Telah Jual Tiket KA Rajabasa Untuk Mudik Lebaran

0
77

Bandar Lampung, Penacakrawala.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional IV Tanjungkarang telah menjual tiket KA Rajabasa untuk mudik Lebaran sejak 15 Februari 2024.

Adapun update penjualan tiket H-10 Lebaran atau untuk keberangkatan 31 Maret 2024 KA Rajabasa relasi Tanjungkarang-Kertapati (PP) telah terjual 80 tempat duduk atau baru sekitar 7,5 persen dari jumlah tempat duduk KA Rajabasa harian yang disediakan.

Manajer Humas KAI Divisi Regional IV Tanjungkarang Azhar Zaki Assjari menjelaskan, kini masyarakat dapat mulai memesan tiket sesuai tanggal yang sudah dibuka.

Ia menuturkan, penjualan tiket KA mudik lebaran sesuai dengan kebijakan KAI yang menetapkan bahwa pemesanan tiket KA Rajabasa mulai dari H-45 sebelum keberangkatan.

Zaki menyebut, KAI Divre IV Tanjungkarang menyediakan rata-rata 1.060 tempat duduk pada rangkaian KA Rajabasa per harinya.

“Pada masa angkutan Lebaran KAI Divisi Regional IV Tanjungkarang mengoperasikan KA Rajabasa relasi Tanjungkarang – Kertapati (PP) dan KA Kuala Stabas relasi Tanjungkarang – Baturaja (PP),” kata Zaki, Sabtu (16/2/2024).

“Untuk penjualan KA Kuala Stabas baru dilakukan H-7 atau pada 24 Maret 2024 mendatang. Dan hingga saat ini, KAI Divisi Regional IV Tanjungkarang belum berencana mengoperasikan kereta api tambahan untuk libur Lebaran. Tetapi jika ada update akan segera kami informasikan,” ungkapnya.

Zaki menuturkan, pemesanan tiket KA pada mudik lebaran 2024 dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI, Call Center 121, aplikasi online travel agent (OTA), dan mitra resmi penjualan lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

“Sementara pembelian tiket KA Lebaran di stasiun hanya bisa dilayani mulai dari tiga jam sebelum keberangkatan kereta menyesuaikan ketersediaan tempat duduk,” tuturnya.

Zaki juga mengingatkan agar pelanggan teliti dalam memasukkan tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri ketika melakukan pemesanan tiket.

“Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal kereta mengingat volume kendaraan di Lampung cendrung meningkat pada masa liburan seperti saat libur lebaran,” tuturnya.

“Untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, KAI sendiri kini menerapkan sistem antrean saat pembelian tiket kereta api jarak jauh. Sistem antrean tersebut diberlakukan pada aplikasi Access by KAI dan web kai.id agar calon penumpang mendapatkan kepastian layanan, khususnya pada saat-saat peak season seperti musim lebaran ini,” paparnya.

Zaki juga menuturkan, saat pemesanan tiket calon penumpang padat, pembeli akan diarahkan kepada sistem antrean yang akan memberitahukan perkiraan waktu tunggu.

Calon penumpang pun disarankan untuk tidak menutup window tersebut agar tetap terhubung dengan sistem.

Selanjutnya pada saat gilirannya, calon penumpang akan diarahkan untuk masuk ke dalam sistem pemesanan dan dapat melakukan pembelian tiket seperti biasa.(**/red)